Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

Breaking News:

latest

OPINI: Foto Prabowo-Gibran Siap untuk Menggantikan Foto Joko Widodo-Makruf Amin

Penulis: Nurmala (Mahasiswi Komunikasi & Penyiaran Islam, IAIN Parepare) OPINI--- Prabowo-Gibran telah resmi terpilih sebagai presiden d...



Penulis: Nurmala (Mahasiswi Komunikasi & Penyiaran Islam, IAIN Parepare)

OPINI---Prabowo-Gibran telah resmi terpilih sebagai presiden dan wakil presiden 2024-2029. Mulai bulan Oktober mendatang, foto pasangan tersebut akan terpajang di berbagai gedung pemerintah hingga sekolah. Mereka menggantikan foto presiden dan wakil presiden saat ini Joko Widodo dan KH. Ma’ruf Amin.

Satu sampai dua pekan terakhir banyak beredar informasi dan berita di media sosial dan media instagram bahwa foto Prabowo - Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pada Pilpres 2024 mulai diproduksi, bahwa sudah di perjual belikan oleh pedagang di pasar sebagian daerah indonesia untuk di pajang di instansi, kantor, dan di sekolah-sekolah.

Dalam vidio tersebut, tampak seorang pekerja tegah merekatkan plastik membungkus figuran yang telah berisi foto Prabowo-Gibran. Selain itu, terlihat juga figuran yang berisi gambaran lambang negara, yakni Garuda Pancasila.

Informasi di media sosial dan media mainstream menyebutkan bahwa foto Prabowo-Gibran sudah mulai di produksi, tetapi juga sudah diperjualkan oleh pedagang di pasar berbagai daerah indonesia dengan harga Rp.150 ribu hingga Rp.300 ribu per pasang. Tersedia berbagai ukuran dan harga yang bervariasi untuk foto-foto Presiden Prabowo-Gibran. Mulai dari ukuran kecil yang cocok untuk ditempatkan di meja atau dinding,hingga ukuran besar yang dapat di gunakan untuk dekorasi ruangan yang lebih luas. Adapun kisaran harga mulai dari Rp. 2 juta yang ukuran besar.

Seperti diketahui KPU telah menetapkan Prabowo dan Gibran sebagai pasangan terpilih dalam Pilpres 2024. Namun pelantikan belum di umumkan baru di lakukan nanti di bulan Oktober yang akan datang. Tetapi belum resmi di perjualkan, sudah beredar di toko di beberapa daerah.

Bahkan penjualan foto Prsiden sudah di lakukan sebelum mahkamah konstitusi memutuskan sidang sengketa Pilpres 2024. Tepatnya semenjak bulan ramadan. Selain dijajakan secara langsung, foto Prabowo-Gibran sebagai pasangan presiden-wakil presiden sudah ramai di pasar online.

Tapi begitupun, bukan berarti foto Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan wakil Presiden boleh diperjualkan di pasar dengan bebas, Artinya bisa pasti foto berpigura Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wakil Presiden terpilih pada Pilpres 2024 yang dijadikan oleh pedagang di pasar indonesia merupakan informasi tidak Valid alias salah.

Banyak dari mereka menyatakan bahwa penjualan foto-foto tersebut melonjak hingga dua kali lipat atau lebih sejak pengumuman penetapan. Berbagai pembeli pun datang dari perusahaan,instansi pemerintah dan mayoritas dari instansi pendidikan.

Menaggapi tren ini, beberapa penjual telah meningkatkan persediaan foto-foto Presiden Prabowo untuk memenuhi permintaan yang meningkat. Para pedagang berharap untuk mengambil keuntunggan dari momen politik ini dan memuaskan minat masyarakat.

Meskipun lonjakan penjual foto-foto Presiden Prabowo merupakan fenomena yang signifikan, banyak penjual juga menyadari bahwa tren ini mungkin bersifat sementara.

Mereka berharap dapat memanfaatkan momentum ini sebaik mungkin sambil tetap siap menghadapi perubahan dalam permintaan pasar di masa mendatang.

Artinya, bisa di pastikan foto berpiguran Prabowo-Gibran sebagai Presiden terpilih pada Pilpres 2024 yang dijadikan oleh pedagang di berbagai pasar indonesia merupakan informasi tidak valid, jadi kemungkinan besar pedagang menjual foto Presiden dan wakil Presiden 2024-2029,di pastikan bahwa foto tersebut hasil editan karena belum ada foto resmi Setneg.

Sekretariat Negara baru mengeluarkan Surat Edaran tentang foto resmi Presiden dan wakil Presiden RI sepekan sebelum pelantikan. Surat Edaran berkop Sekretariat Negara itu di tandatanggani oleh Menteri Sekretariat Negara dan ditujukan ke para pimpinan lembaga para kepala perwakilan RI di luar negeri.

Sekretariat negara kemungkinan akan meminta semua lembaga tersebut untuk mengunduh foto resmi di maksud melalui www.setneg.go.ig, supaya penggunaan foto resmi Presiden dan wakil Presiden RI dapat di lakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perunang-undangan yang berlaku.

Karena itu, berdasarkan pengalaman tersebut, maka foto resmi Prabowo-Gibran sebagai Presiden-wakil Presiden periode 2024-2029 seyogianya baru dirilis oleh setneng sepekan sebelum pelantikan mereka 20 Oktober 2024 mendatang.

Kesimpulan

Berdasarkan cek fakta di atas dapat disimpulkan bahwa foto Prabowo-Gibran sebagai presiden -wakil presiden terpilih pada Pilpres 2024 yang diperjualbelikan oleh pedagang di pasar berbagai daerah indonesia, sebagaimana informasi dan berita di media sosial maupun media mainstream adalah tidak valid alias salah. Foto-foto tersebut tidak resmi. Soalnya, sekretariat negara belum merilis foto resmi Presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 sampai saat ini.

Tidak ada komentar