Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

Breaking News:

latest

OPINI: Generasi Muda untuk Masa Depan yang Lebih Cerah

Penulis: Zaenal Burahima (Mahasiswa Komunikasi & Penyiaran Islam, IAIN Parepare) OPINI---  Generasi muda memiliki peran yang sangat pent...



Penulis: Zaenal Burahima (Mahasiswa Komunikasi & Penyiaran Islam, IAIN Parepare)

OPINI--- Generasi muda memiliki peran yang sangat penting dalam membangun masa depan bangsa. Mereka memiliki kemampuan untuk memahami perubahan sosial dan teknologi dengan cepat, serta memiliki keterbukaan terhadap keberagaman yang dapat memastikan representasi yang lebih baik. Mereka juga memiliki semangat, kreativitas, daya juang, dan idealisme yang sangat tinggi, sehingga mereka mudah menyesuaikan diri dengan perubahan/peralihan pada tatanan kehidupan dan mudah belajar dan menyerap segala perubahan/kemajuan yang terjadi dengan cepat.

Selain mendorong mereka dalam demokrasi, Pendidikan karakter sangat penting bagi generasi muda, sebagai landasan untuk memahami beberapa karakter untuk berdemokrasi, karena membentuk pribadi yang disiplin, bertanggung jawab, memiliki akhlak yang mulia dan bermoral tinggi, serta memiliki rasa peduli dengan sesama. Mereka juga harus memiliki rasa toleransi dan menghargai serta menghormati setiap perbedaan yang terjadi.

Dalam persiapan pemilu 2024, generasi muda memiliki peran yang sangat besar dalam membangun masa depan Indonesia. Mereka harus mulai melek akan politik dan peduli akan pentingnya literasi, karena besarnya peran suara yang kita sumbangkan menjadi penentu bagaimana Indonesia kedepannya.

generasi muda adalah aset penting bagi masa depan Bangsa, yang di penuhi dengan energi dan ide-ide segar, dan rasa semangat untuk perubahan. Oleh karena itu penting untuk melibatkan generasi mereka dalam proses demokrasi baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dengan melibatkan generasi muda dalam demokrasi juga dapat membawa perspektif baru, Dimana mereka memiliki pengalaman dan pandangan hidup yang berbeda dari generasi sebelumnya. Melibatkan generasi muda dalam mengambil keputusan juga membantu memastikan bahwa kebijakan yang di buat lebih relevan dengan kebutuhan dan aspirasi mereka.

Melibatkan generasi muda dalam demokrasi melibatkan beberapa langkah yang perlu di perhatikan. pertama, memberikan pendidikan politik yang komprehensif untuk membantu mereka memahami politik dan pentingnya partisipasi aktif. Dengan memberikan pendidikan politik dan ruang untuk berpartisipasi, serta mendengarkan pandangan dari mereka, kita dapat memastikan bahwa suara generasi mendatang di dengar dan lebih di pertimbangkan dalam proses pengambilan keputusan.

Kedua, memberikan akses yang lebih mudah atau menciptakan forum/platform, dimana mereka dapat mengemukakan ide-ide mereka dan berpartisipasi dalam proses mengambil keputusan. Dan dapat di pastikan bahwa suara aspirasi mereka di akui dan diperhitungkan. Dengan ini mereka merasa lebih di hargai dalam proses pengambilan keputusan, dan juga meningkatkan keterlibatan dan rasa tanggung jawab dalam diri mereka dalam membangun masa depan negara mereka.

Mendorong generasi muda untuk terlibat dalam organisasi kemasyarakatan dan kelompok Advokasi juga salah satu langkah yang signifikan, dimana mereka mendapatkan kesempatan untuk memperluas jaringan, mempelajari beberapa keterampilan kepemimpinan, dan pengalaman praktis dalam memperjuangkan isu-isu yang mereka pahami dan pedulikan.

Generasi muda juga dapat berpartisipasi dalam pemilu, karena mereka memiliki kemampuan untuk menggunakan teknologi dan media sosial untuk menyebarkan informasi dan berbagai isu-isu tentang demokrasi.

Dalam konteks pemilu 2024,  kita berharap generasi muda dapat membawa perubahan positif bagi Indonesia dengan memperjuangkan gagasan dan kepentingan mereka. Mereka dianggap sebagai generasi yang melek teknologi, kritis dalam berpikir, dan inovatif. Keterlibatan generasi muda dalam pemilu juga diharapkan dapat membantu menyaring dan meminimalisir hal-hal negatif seperti hoax, disinformasi, dan kebencian di media sosial. Dan dapat membantu memperkuat keterlibatan masyarakat dalam proses politik. Mereka dapat menjadi bagian dari gerakan-gerakan sosial yang fokus pada isu-isu lokal dan nasional, serta mempengaruhi kebijakan di tingkat lokal dan nasional.

Dengan demikian, pelibatan generasi muda dalam demokrasi tidak hanya akan memperkuat sistem politik, tetapi juga akan membawa dampak positif dalam memperkuat nilai-nilai demokrasi, inklusi sosial, dan keinginan pembangunan. Dengan itu mereka memiliki kesadaran yang tinggi terhadap isu-isu global seperti perubahan iklim, perdamaian, dan pembangunan berkelanjutan. Mereka dapat berperan sebagai agen perubahan dalam memperjuangkan solusi-solusi kolaboratif untuk menantang global yang kompleks.

Memberdayakan generasi muda secara politik mampu memberdayakan partisipatif, secara politik melalui pendidikan yang berkelanjutan dan terlibat aktif, mereka dapat mengembangkan pemahaman yang mendalam dan berkelanjutan mengenai proses politik.

Inisiatif untuk meningkatkan kesadaran dan motivasi politik di kalangan pemuda termasuk mengintegrasikan pendidikan politik interaktif ke dalam kurikulum sekolah dan memanfaatkan teknologi seperti platform online, podcast, dan video pendek untuk memfasilitasi pembelajaran dan keterlibatan.

Dengan berinvestasi pada pendidikan, pelatihan, dan keterlibatan generasi muda dalam komunitas, Kita dapat membantu mereka mewujudkan potensi penuh mereka dan berkontribusi terhadap masa depan yang lebih baik bagi semua orang.

Dengan kesimpulan generasi muda memiliki peran yang sangat penting dalam membangun masa depan bangsa. Mereka harus memiliki pendidikan karakter yang baik, memiliki semangat, kreativitas, daya juang, dan idealisme yang sangat tinggi, serta memiliki keterbukaan terhadap keberagaman. Dengan demikian, mereka dapat menjadi pilar kelima dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta menjadi penentu maju mundurnya suatu negara.

Tidak ada komentar