NEWS- Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Parepare melaksanakan Workshop Copywri...
NEWS- Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas
Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Parepare melaksanakan Workshop Copywriting dan Pembuatan Iklan
Sinematik. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari mulai, Jumat-Sabtu
(13-14/01/2023) di Gedung Laboratorium Lantai 3 IAIN Parepare.
Salah satu peserta, Fadli mengaku bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini.
“Bersyukur ada kegiatan ini, awalnya saya kerjakan apa adanya, tapi berkat
pelatihan ini saya dapat tekniknya dan hasilnya lebih bagus,” ucapnya.
Tanggapan lain juga diungkapkan Annisa, Mahasiswi KPI.
“Kegiatan ini mempertemukan kami dengan produk parfum yang belum memiliki brand dan
kami diminta untuk membuatkan logo sekaligus iklannya,” ungkap Annisa, peserta
workshop. (hyn/mif)
Sebanyak 52 mahasiswa KPI
ikut dan berkolaborasi dengan 22 pelaku Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM) yang
ada di Kabupaten Pinrang dan Kota Parepare.
Ketua Prodi KPI Nurhakki
merespons antusias para peserta. “Mahasiswa KPI sangat antusias dalam kegiatan,
dan mereka memiliki pengalaman kolaborasi dengan pihak UMKM menjadikan mereka
belajar membangun jaringan dan mengedepankan kualitas dalam mengerjakan
produksi,” terangnya.
Setidaknya dua target dalam
kegiatan ini. Pertama, menguatkan semangat kreativitas
mahasiswa untuk berpikir kreatif dalam membuat produksi iklan, baik dalam unsur
naratif yang dipadukan dengan audio visual. Kedua, membentuk soft
skill mahasiswa dalam membentuk jaringan kolaboratif dengan
pelaku UMKM.
“Mereka menemukan banyak
pengalaman terutama belajar melakukan sesuatu dengan target waktu dan standar
kualitas. Copywriting itu juga sangat menuntut
mereka belajar kreatif membangun diksi dan narasi dalam menggambarkan sebuah
produk yang dipadukan dengan teknik audio visual untuk menghasilkan iklan yang
berdurasi singkat namun memiliki kekuatan pesan,” jelas Nurhakki.
Adapun pemateri dalam kegiatan
ini, Muhammad Asdar dan Muhammad Adri Azikin. Keduanya merupakan mahasiswa KPI
yang aktif menjadi influencer dalam
pembuatan berbagai proyek video profesional.
Tidak ada komentar