Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

Breaking News:

latest

Money Politik : Sistem Instan Tanpa Perubahan

  Penulis: Hairul Fajri (Mahasiswa Komunikasi & Penyiaran Islam, IAIN Parepare) OPINI---  Indonesia merupakan negara dengan sistem kepem...


 

Penulis: Hairul Fajri (Mahasiswa Komunikasi & Penyiaran Islam, IAIN Parepare)

OPINI--- Indonesia merupakan negara dengan sistem kepemerintahan Demokrasi. Salah satu penerapan di negara yang  ber-sistem kepemerintahan demokrasi yaitu, proses pengambilan keputusan dilakukan atas partisipasi masyarakat dalam memilih wakil yang mereka percayai. Hal ini menjadikan kesempatan untuk pasangan calon (paslon) menampilkan taktiknya agar mereka bisa terpilih.

Salah satu sistem politik yang sering ditemukan adalah Money Politik. Money Politik sudah menjadi isu yang kontroversial di lingkungan politik dan masyarakat. Praktik ini menggunakan dana yang besar untuk mendapatkan dukungan politik saat musim pemilihan suara. Money Politik merupakan cara berpolitik seseorang untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan dengan instan. Kehadiran Money Politik di Indonesia ini sangat merugikan pasangan calon yang lain. Oleh karena itu, banyak dari masyarakat yang sebenarnya menolak sistem Money Politik ini. Tetapi yang menjadi masalah adalah beberapa masyarakat juga membutuhkan hal tersebut dikarenakan untuk menambah perekonomian mereka.

Kasus Money Politik di Indonesia sangat sering terjadi, bahkan sudah tidak menjadi rahasia publik lagi. Anggapan masyarakat umum terhadap Money Politik ini memang sudah dianggap biasa saja, tetapi kita harus ketahui bahwa, Money Politik bisa merusak sistem kepemerintahan suatu negara. Dimana agar mendapatkan jabatan, suara kita harus dibeli, lalu bagaimana dengan seseorang yang betul-betul ingin menjabat agar memajukan bangsa ini? Money Politik bisa dibilang efektif untuk digunakan di dalam masa pemilu, dalam artian hanya dengan uang, suara seseorang bisa dibeli. Meskipun demikian, masyarakat juga harus tau betul apa dampak yang diakibatkan oleh sistem Money Politik ini.

Money Politik sangat berdampak bagi kesetaraan dan keadilan di tengah masa pemilu, pasangan calon yang tidak cukup biaya untuk berkompetensi di tengah sistem Money Politik kemungkinan besar akan gagal. Maka dari itu, Money Politik ini hanya akan merusak sistem demokrasi di suatu negara khususnya di Indonesia. Dengan kasus seperti ini, pemerintah harus membuat suatu kesepakatan/aturan agar uang tidak bermain di dalam politik. Uang hanya akan menimbulkan ketidaksetaraan dikarenakan tingkat ekonomi yang berbeda. Dengan menerapkan sistem Politik bersih tanpa adanya campur tangan uang maka masyarakat akan betul - betul memilih apa yang memang patut untuk dipilih, bukan memilih karena adanya kesepakatan yang ditimbulkan oleh uang.

Selanjutnya, pemerintah juga harus paham betul apa yang terjadi di lingkungan masyarakat. Pemerintah harus memikirkan langkah apa yang harus diambil agar Indonesia ini tetap konsisten pada Sistem Demokrasinya dengan menerapkan kesetaraan, kebebasan, dan keadilan, dengan menerapkan sistem "Demokrasi Murni" atau "Demokrasi Langsung" maka pemimpin yang memang dipilih karena kinerja dan pemikirannya akan benar-benar terpilih berdasarkan dari suara rakyat  dan kesepakatan rakyat.

Jika pemerintah telah berupaya penuh dalam mengatasi Money Politik, maka masyarakat juga harus membantu pemerintah agar upayanya itu bisa berjalan dengan baik, karena percuma saja jika telah diupayakan tetapi masyarakat masih melakukan. Sebagai masyarakat kita harus turut andil dalam mengatasi Money Politik demi suatu perubahan, dengan cara berpartisipasi aktif dalam proses politik, kita harus memilih pemimpin yang memang mempunyai visi dan dedikasi yang akurat, tidak lagi memilih dikarenakan faktor uang. Dengan mengubah cara pandang masyarakat dengan bersama-sama melakukan reformasi terhadap sistem yang merugikan bangsa, maka kita bisa menyelamatkan bangsa kita dari kehancuran.

Tidak ada komentar