Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Dirumah Aja Lebih Produktif dengan Kegiatan Kekiniaan

oleh: Amrihani, Mahasiswi Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) IAIN Parepare OPINI- -- Pandemi   Covid-19 (Coronavirus Diseas...



oleh: Amrihani, Mahasiswi Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) IAIN Parepare

OPINI--- Pandemi  Covid-19 (Coronavirus Disease) yang terjadi di dunia melumpuhkan seluruh aktivitas di luar rumah. Salah satunya di Indonesia, setiap hari media informasi berlomba-lomba untuk menyajikan berita perihal Covid-19. Dampak Covid-19 mempengaruhi kehidupan ekonomi dan pendidikan. Dampak yang terjadi dari segi ekonomi, pendapatan masyarakat berkurang, harga barang pokok melonjak tinggi. Sedangkan dari sisi pendidikan, kegiatan akademik terhambat, seluruh pelajar diliburkan sehingga metode pembelajaran dialihkan menjadi online/daring.

Sejak dikeluarkannya surat edaran untuk berdiam diri di Rumah oleh Badan Penanggulangan Bencana Republik Indonesia Nomor 13.A Tahun 2020 tentang “Perpanjangan Keadaan Status Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia” pada poin kedua tahun 2020. Surat edaran Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 697/03/2020 tentang “Perubahan atas surat edaran Direktur Jendral Pendidikan Islam nomor 657/03/2020 tentang upaya pencegahan penyebaran Covid-19 (Corona) di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam” pada poin a yaitu kuliah online/daring hingga akhir semester genap.

Dengan keluarnya surat edaran tersebut, masyarakat berusaha mencari aktivitas yang produktif dapat dilakukan selama di Rumah saja untuk menghindari rasa bosan selama beberapa bulan mendatang. Nah,kira-kira kalian sudah punya aktivitas  produktif selama di Rumah saja. Jangan sia-siakan waktu kalian hanya dengan rebahan menunggu pandemi Covid-19 berakhir. Lakukan hal-hal produktif yang bermanfaat untuk dirimu dan orang-orang disekitarmu. Berikut beberapa aktivitas  produktif yang dapat dilakukan selama di Rumah saja.

1. Berkarya di Rumah
Banyak hal yang dapat dilakukan selama di Rumah,  kita bisa membuat beberapa karya. Jadi untuk kalian yang memiliki keahlian dalam bidang apapun terus asah bakatnya selama dirumah. Jangan menjadikan alasan untuk tidak berkarya karena dirumah saja. Hal yang dapat dilakukan selama di Rumah seperti buat konten YouTube, podcast, editing gambar/video dan lain-lain. Hasil karya kamu dapat dishare melalui media sosial, sehingga masyarakat dapat menikmati karya yang kita buat. Jadi, bukan hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tapi bisa bermanfaat untuk orang lain.

2. Baca dan Review Buku
Selama di Rumah, sudah berapa buku kalian tamatkan? Kalau belum ada, mari kita mulai baca buku dan review. Dengan rutin membaca buku dapat memperbanyak perbendaharaan kata serta mempermudah saat berbicara didepan umum, selain itu dapat menambah wawasan. Setelah membaca buku, sebaiknya mereview buku agar bisa saling bertukar informasi dengan orang-orang sekitar. Pernah dengar “Cuma perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca, cari buku itu. Mari jatuh cinta” (Najwa Shihab). Awali bacaanmu dengan buku yang kalian cinta.


3. Menulis
Hobi menulis adalah pekerjaan yang mengasyikkan, menulis adalah wadah ekspresi diri. Ada beberapa hal yang dapatkan kita tulis selama di Rumah. Seperti membuat Karya Tulis Ilmiah (KTI),jurnal, essay, cerpen, puisi dan lain-lain. Beragam tema bisa diangkat, salah satunya kondisi negara saat ini dapat dituangkan dalam sajak-sajak indah dengan menulis.

4. Diskusi Online
Manusia adalah makhluk sosial, salah satu cara dalam berinteraksi ditengah pandemi Covid-19 adalah Diskusi online. Forum diskusi online sudah banyak dilaksanakan oleh mahasiswa. Momentum ini tidak boleh dilewatkan karena dalam forum seperti ini, kita dapat saling memberi tanggapan terkait tema yang didiskusikan. Serta informasi-informasi baru yang bisa didapatkan.. Mari aktif berdiskusi agar berdiam diri di Rumah lebih produktif.

5. Olahraga
Selama di Rumah rutin berolahraga itu penting, aktivitas olahraga bisa dilakukan dengan cara senam, yoga serta aktivitas bertemu sinar matahari dapat dilakukan denga cara berjemur diri. Waktu berjemur diri yang efektif menurut WHO (World Health Organization) adalah pukul 10.00 pagi, cukup berjemur diri selama 10-15 menit, jangan berlebihan. Maanfaat berjemur diri untuk memenuhi kebutuhan vitamin D agar meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperkuat kesehatan tulang. Saat berjemur sebaiknya menggunakan kacamata hitam untuk menjaga mata kalian.

Beberapa kegiatan produktif yang dapat dilakukan selama di Rumah saja, masih banyak hal produktif bisa dilakukan sesuai dengan versi kalian. Tetap semangat, manfaatkan momentum ini untuk belajar dan berbagi bersama teman-teman. Jadilah kaum intelektual produktif, kurangi rebahan perbanyak karya dan ibadah. Dibalik pandemi Covid-19, ada hikmah yang dapat kita petik bersama yaitu waktu berkumpul dengan keluarga lebih banyak serta belajar untuk selalu mencintai lingkungan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua terutama bagi penulis. Terima kasih (*)


Tidak ada komentar