Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

Breaking News:

latest

OPINI: Israel dan Palestine Damai, Dunia Langsung Kiamat?

  Penulis: Wilda Widayani (Mahasiswi Komunikasi & Penyiaran Islam, IAIN Parepare) Saat ini tengah muncul laporan-laporan mengenai pembom...

 


Penulis: Wilda Widayani (Mahasiswi Komunikasi & Penyiaran Islam, IAIN Parepare)

Saat ini tengah muncul laporan-laporan mengenai pemboman Israel terhadap Palestina muncul ke permukaan. Banyak orang tewas akibat pemboman yang terjadi sepanjang pertempuran ini. Sekitar 18.000 orang terluka dan 4.300 orang tewas. Memang benar, salah satu lokasi yang mulai lebih sering diserang Israel adalah Gaza. Banyak warganet yang bertanya-tanya apakah dunia akan kiamat jika Palestina memperoleh kemerdekaan akibat serangan ini.

Topik indikator akhir dunia menjadi banyak diperbincangkan akibat konflik yang masih berlangsung antara Israel dan Palestina. Banyak yang percaya bahwa dunia akan berakhir jika Palestina memperoleh kemerdekaannya. Sementara itu, Gus Baha alias Kiai Bahaudin Nursalim punya pemikiran tersendiri terkait konflik Israel dan Palestina.

“Dalam sejarah Islam, Palestina memiliki Nabi Ibrahim melalui anaknya bernama Nabi Ishaq, lalu melahirkan Nabi Ya’qub, lalu melahirkan Yahuda Cs. Akhirnya sampai sekarang menjadi masalah agama, selain juga menjadi masalah politik zaman perpecahan pada tahun 1964-1966. Sebetulnya sejak dulu sudah masalah agama. Keyakinan orang Yahudi, Palestina itu bumi yang dijanjikan Allah milik mereka. Atas nama kitab suci, mereka mati-matian mempertahankan Israel yang sekarang ini,” ulas Gus Baha.

Nahdlatul Ulama ini juga menjelaskan bahwa masyarakat Palestina lebih dikenal dengan kelompok Kana'an yang sudah lebih dahulu menduduki Palestina.  Hadis tentang pembebasan Baitul Maqdis juga seringkali menjadi landasan bahwa hari kiamat akan datang setelah Palestina merdeka;

اُعْدُدْ سِتًّا بَيْنَ يَدَيِ السَّاعَةِ: مَوْتِيْ، ثُمَّ فَتْحُ بَيْتِ الْمَقْدِسِ، ثُمَّ مُوْتَانٌ يَأْخُذُ فِيْكُمْ كَقُعَاصِ الْغَنَمِ، ثُمَّ اسْتِفَاضَةُ الْمَالِ حَتَّى يُعْطَى الرَّجُلُ مِائَةَ دِيْنَارٍ فَيَظَلُّ سَاخِطًا، ثُمَّ فِتْنَةٌ لاَ يَبْقَى بَيْتٌ مِنَ الْعَرَبِ إِلاَّ دَخَلَتْهُ، ثُمَّ هُدْنَةٌ تَكُوْنُ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَ بَنِي اْلأَصْفَرِ، فَيَغْدِرُوْنَ فَيَأْتُوْنَكُمْ تَحْتَ ثَمَانِيْنَ غَايَةً، تَحْتَ كُلِّ غَايَةٍ اِثْنَا عَشَرَ أَلْفًا

“Perhatikanlah enam tanda-tanda hari Kiamat: (1) wafatku, (2) penaklukan Baitul Maqdis, (3) wabah kematian (penyakit yang menyerang hewan sehingga mati mendadak) yang menyerang kalian bagaikan wabah penyakit qu’ash yang menyerang kambing, (4) melimpahnya harta hingga seseorang yang diberikan kepadanya 100 dinar, ia tidak rela menerimanya, (5) timbulnya fitnah yang tidak meninggalkan satu rumah orang Arab pun melainkan pasti memasukinya, dan (6) terjadinya perdamaian antara kalian dengan bani Asfar (bangsa Romawi), namun mereka melanggarnya dan mendatangi kalian dengan 80 kelompok besar pasukan. Setiap kelompok itu terdiri dari 12 ribu orang.”

Menurut para ulama, pembebasan Baitul Maqdis sama dengan pembebasan Suriah (Palestina). Dengan demikian, deklarasi kemerdekaan Palestina menandakan berakhirnya sebuah era. Namun sekali lagi, hadis tersebut tidak merinci “pembebasan” seperti apa yang dimaksud.

Ada banyak kisah kolonialisme di Palestina. Setelah Perang Dunia Kedua, Romawi menaklukkan Palestina, yang akhirnya dibebaskan oleh Umar bin Khattab. Zionis menginvasi negara setelah itu. Setelah itu, pada tahun 1187 M, pasukan Salib berhasil menaklukkan Palestina hingga akhirnya Shalahuddin Al-Ayyubi berhasil membebaskan wilayah tersebut. Hingga saat ini belum ada perbedaan pendapat bahwa penjajahan Zionis di Palestina merupakan kolonialisme terakhir atas wilayah Palestina. Palestina mungkin akan merdeka sebelum mengalami penjajahan lagi.

Kemerdekaan Palestina adalah tujuan yang sangat diharapkan oleh banyak orang, dan menjadi penting dalam konteks perdamaian global. Konsep hari kiamat adalah hal yang sangat subjektif dan tidak dapat dihubungkan secara langsung dengan kemerdekaan Palestina. Yang lebih urgent adalah melihat bagaimana perjuangan Palestina mempengaruhi dunia dan pentingnya mencari solusi yang adil dan berkelanjutan untuk konflik Israel-Palestina.

Jadi apakah benar Palestina merdeka berarti akan terjadi kiamat? Jawabannya adalah tidak ada yang tahu pasti. Kita tidak bisa menyimpulkan segala sesuatunya sendiri tanpa dasar yang benar. Lebih baik kita sibuk memperbaiki diri, agar saat kiamat tiba, kita akan siap menghadapinya.

Tidak ada komentar