Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

Breaking News:

latest

OPINI: Indonesia Direpresentasikan sebagai Negara Konoha dalam Serial Anime Naruto Shippuden

Penulis: Indria Devi (Mahasiswi Komunikasi & Penyiaran Islam, IAIN Parepare) OPINI---  Representasi Konoha pada negara Indonesia merujuk...



Penulis: Indria Devi (Mahasiswi Komunikasi & Penyiaran Islam, IAIN Parepare)

OPINI--- Representasi Konoha pada negara Indonesia merujuk pada persepsi masyarakat tentang kemiripan antara Indonesia dan desa fiksi dalam serial Naruto Shippuden.

Konoha sendiri mengacu pada sebuah desa fiksi dimana Naruto dilahirkan sampai ia menjadi hokage di desa tersebut. Kata Konoha seringkali terdengar dalam kalimat-kalimat di media sosial. Bahkan Konoha juga kerap menjadi gambaran negara Indonesia.

Indonesia sering disebut sebagai negara Konoha. Alasan Indonesia sering disebut sebagai negara Konoha ialah karena memiliki banyak kesamaan dengan pemimpin negaranya. Awal mula Indonesia disebut sebagai negara Konoha berawal dari cocoklogi dimana para pemimpin hokage memiliki kemiripan dengan beberapa presiden Republik Indonesia. (Hokage merupakan pemimpin desa Konoha di serial anime Naruto Shippuden)

Dalam serial anime Naruto, Konoha memiliki tujuh orang pemimpin yang disebut hokage dan begitu juga dengan Indonesia, sejak awal kemerdekaan Indonesia memiliki tujuh pemimpin yang sudah menjabat sebagai presiden. Para pemimpin hokage dinilai memiliki kemiripan dengan beberapa presiden Republik Indonesia.

Pemimpin pertama di Konoha atau dikenal sebagai hokage pertama yaitu Hashirama senju dan presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Keduanya cikal bakal dari berdirinya Konoha dan Indonesia, sama-sama pendiri negara yang memiliki sifat tegas.

Hokage kedua, Tobirama Senju dan presiden kedua Soeharto yang memiliki kemiripan, sama-sama pemimpin yang tegas, keras serta diskriminatif. Hokage ketiga Hiruzen dan B.J Habibie presiden ketiga sama-sama memiliki kecerdasan di atas rata-rata (jenius)

Melepas jabatan demi perdamaian negara merupakan kesamaan Minato Namikaze hokage ke empat dan KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur presiden ke empat. Hokage kelima dan presiden kelima, Tsunade dan Megawati Soekarno Putri sama-sama merupakan cucu pemimpin pertama yaitu Hashirama senja dan Soekarno. Keduanya juga merupakan pemimpin perempuan pertama, baik di negara Konoha maupun Indonesia.

Beranjak ke hokage keenam Kakashi Hatake dan presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono sebelum menjabat sebagai pemimpin negara Kakashi Hatake dan Susilo Bambang Yudhoyono merupakan bagian dari pasukan militer. Dan terakhir adalah Uzumaki Naruto dan presiden ketujuh memiliki kesamaan yaitu menjalankan misi perdamaian. Secara keseluruhan, meskipun Konoha bukanlah tempat yang nyata, namun Konoha telah menjadi titik referensi budaya di Indonesia untuk berdiskusi tentang politik dan masyarakat.

Namun ada saja fakta menariknya, salah satu desa di Indonesia yang berada di bukit kelam, Sintang, Kalimantan barat, disebut-sebut mirip dengan desa Konoha yang ada dalam anime Naruto. Fakta-fakta itulah yang membuat Indonesia kerap disebut sebagai Negara Konoha. Dan fakta yang lebih menarik lagi, ibaratnya Gibran adalah Boruto, Prabowo adalah Sasuke dan Jokowi adalah Naruto, Naruto punya rival Sasuke, setelah Naruto menjadi hokage, Sasuke ditugaskan sebagai penjaga di luar desa, dan Jokowi dulunya punya rival Prabowo. Setelah Jokowi menjadi presiden, Prabowo ditugaskan sebagai menteri pertahanan dan setelah Naruto disegel Sasuke berkelana dengan Boruto yang merupakan anak Naruto dan setelah masa jabatan Jokowi selesai Prabowo berpasangan dengan Gibran yang merupakan anak Jokowi. Banyak Fakta-fakta yang sesuai bahwa Konoha adalah Indonesia versi nyata. Jadi apakah nasib Indonesia sudah ditentukan oleh kisah Konoha dalam serial anime Naruto, apakah ini memang sudah dirancang atau hanya sebuah kebetulan saja?

Tidak ada komentar