Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

Breaking News:

latest

OPINI: Keakraban Presiden Terpilih Prabowo Subianto dengan Rivalnya Anies Baswedan

Penulis: Andi Ainun Sabrina (Mahasiswi Komunikasi & Penyiaran Islam, IAIN Parepare) OPINI---  Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengena...



Penulis: Andi Ainun Sabrina (Mahasiswi Komunikasi & Penyiaran Islam, IAIN Parepare)

OPINI--- Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) pilpres 2024 menarik banyak perhatian dari masing-masing para pendukung calon presiden dan wakil presiden. Usai ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), presiden terpilih Prabowo Subianto nampak akrab dengan Anies Baswedan. Hal ini terlihat dalam rekaman  yang memperlihatkan keakraban Prabowo dengan Anies, Prabowo terlihat gemas dengan mengguncangkan badan Anies sembari tersenyum dan terlibat pada percakapan kecil dengan Anies.

Rekaman tersebut menarik banyak perhatian masyarakat yang ikut merasa bahagia karena akhirnya perselisihan mengenai pemilu berakhir. Setelah perdebatan yang panjang akhirnya telah ditetapkan bahwa Prabowo-Gibran yang akan menjadi presiden tahun 2024 hingga 2029. Anies juga mengucapkan selamat kepada Prabowo Gibran “pada hari ini kami menyatakan bahwa bagi kami proses pilpres 2024 telah terlewati seluruh fasenya, kami sampaikan kepada pak Prabowo dan Pak Gibran selamat menajalankan amanat konstitusi, selamat bekerja menunaikan harapan rakyat yang kini diembankan di atas pundak bapak-bapak berdua” ucap Anies pada kesempatan yang ada. Anies juga menambahkan bahwa ia berkali-kali ditanya pendapat pribadi tentang pak prabowo, ia mengatakan bahwa pak probowo adalah seorang patriot yang telah mengalami pendidikan modern dan berasal dari keluarga yang intelektual. Anies juga mengatakan bahwa menerima keberadaan oposisi demi menjaga keseimbangan dan tiga cabang kekuasaan yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Selain Anies yang mengucapkan selamat kepada Prabowo-Gibran, Ganjar mahfud juga turut mengucapkan selamat kepada Probowo dan Gibran dan menerima keputusan MK dalam wawancaranya “maka apapun keputusannya kami sepakat dari awal untuk menerima maka kami terima dan tentu kami mengucapkan selamat bekerja untuk pemenang dan mudah-mudahan pr pr bangsa ke depan bisa segera diselesaikan” ucap Ganjar. Hal ini membuat kita sadar bahwa perselisihan atau perdebatan apapun itu dapat diselesaikan dan mendapatkan jalan keluarnya, bukankah terlihat sangat adem dan damai saat kita bisa selalu support demi bangsa Indonesia yang lebih baik.

Selain keakraban yang terjalin antara Prabowo dan Anies,  jiwa kepimpinan prabowo yang memiliki latar belakang dunia militer juga menarik perhatian. Jiwa kepemimpinan dapat diartikan sebagai kemapuan seseorang untuk memimpin, memotivasi, memerintah, mengambil keputusan yang bertujuan untuk mencapai tujuan bersama. Jiwa kepimpinan yang dimiliki oleh Prabowo Subianto yaitu mampu melihat potensi seseorang, hal ini dapat dilihat bagaimana Prabowo memanfaatkan potensi-potensi gen z sehingga mampu memunculkan kreatifitas pemuda-pemudi Indonesia, mampu membangun jiwa kepemimpinan yang berkarakter, karena memiliki karakter yang kuat dan tegas hal ini dapat dilihat dari latar belakang dunia militer.

Sebagai seorang komunikator politik tentunya harus memiliki empat komponen yaitu: kredibilitas sumber mengacu kepada kepercayaan, daya tarik seorang komunikator juga sangat penting untuk dimiliki seorang komunikator politik, kesamaan, yang dimaksudkan yaitu seorang audiens cenderung lebih suka dengan komunikator yang memiliki kesamaan dengannya, selanjutnya yaitu power, seorang komunikator politik yang memiliki power akan mebuat semakin disegani dan dihargai. Karena itulah menghormati dan menghargai pilihan presiden yang terpilih adalah sikap yang dapat kita ambil untuk bangsa Indonesia, dan berharap bahwa keakraban para calon yang sebelumnya bersaing bisa kembali bersatu dan berdmai begitupula dengan para pendukung yang sampai saat ini masih terus mermusuhan.

Adapun harapan saya untuk presiden terpilih agar bisa terus menjalankan tugas dan tanggung jawabnya untuk membangun Indonesia agar lebih maju hingga internasional, serta amanah dalam melaksanakan program kerja yang sebelumnya telah dirancang dan bukan hanya janji-janji manis saja tetapi dibuktikan dalam kerja nyata selama menjabat 5 tahun kedepan, semoga presiden terpilih juga dapat menjadi pemimpin yang memiliki impati yang tinggi terhadap rakyat serta mendengarkan aspiras-aspirasi dan keluhan-keluhan rakyat, dan juga tidak menutup mata terhadap masalah-maslaah yang nantinya akan dihadapi Indonesia dalam beberapa tahun kedepan, semoga presiden terpilih dan wakilnya akan mampu memakmurkan rakyat-rakyat, serta harapan saya yang terakhir Indonesia menjadi negara maju ditangan bapak presiden terpilih beserta jajaran menterinya nanti. Selanjutnya harapan saya terhadap semua calon yang tidak terpilih untuk bisa berdamai dengan keputusan dan tidak memiliki dendam begitupun dengan para pendukung juga selalu menjaga solidaritas sebagai rakyat Indonesia dan tidak melupakan semnagat dan tujuan bersama untuk memajukan Indonesia lebih baik lagi. Selamat untuk Presiden dan wakil presiden terpilih bapak Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dan semangat untuk mengemban tugas serta tanggung jawabnya.

Tidak ada komentar