Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

Breaking News:

latest

OPINI: Pentingnya Partisipasi Politik dalam Mempengaruhi Kebijakan Publik

Penulis: Nurhasidah (Mahasiswi Komunikasi & Penyiaran Islam, IAIN Parepare) OPINI---  Pada masa pemilu tahun 2024 Partisipasi politik sa...



Penulis: Nurhasidah (Mahasiswi Komunikasi & Penyiaran Islam, IAIN Parepare)

OPINI--- Pada masa pemilu tahun 2024 Partisipasi politik sangatlah penting bagi pemilihan karena ini adalah bagaimana cara mereka untuk mempengaruhi kebijakan publik dan juga memastikan bahwa  pemerintah mewakili kepentingan mereka dalam terlibat dalam proses politik. Pemilih dapat memilih pemimpin yang  mewakili nilai-nilai dan kepentingan mereka, serta memastikan  bahwa kebijakan publik yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Selain itu, partisipasi politik juga dapat membantu meningkatkan kesadaran politik dan membantu pemahaman tentang sistem politik, yang pada gilirannya dapat memperkuat demokrasi.

Partisipasi politik merujuk pada berbagai cara dimana individu terlibat dalam proses politik, seperti pemilihan, kampanye politik, proses dan diskusi politik, ini ialah cara bagi warga negara untuk mempengaruhi kebijakan publik dan memastikan bahwa pemerintah mewakili kepentingan mereka.
Partisipasi politik juga dapat membantu meningkatkan kesadaran politik karena melibatkan  individu dalam proses politik dan memberikan kesempatan untuk belajar tentang sistem politik dan kebijakan publik, individu dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana kebijakan dibuat dan diimplementasikan serta bagaimana keputusan politik dapat mempengaruhi hidup mereka. Partisipasi politik juga dapat membantu meningkatkan kesadaran tentang isu-isu politik dan sosial yang penting dan memotivasikan individu untuk terlibat dalam aksi politik.

Terdapat banyak dampak positif dari partisipasi politik seperti meningkatkan kesadaran politik, memastikan bahwa kepentingan masyarakat diwakili dalam kebijakan publik dan memperkuat demokrasi. Selain itu pertisipasi politik juga dapat membantu meningkatkan partisipasi pada masyarakat dalam proses politik. Dan memperkuat hubungan antara warga negara dan pemerintah namun partisipasi politik juga dapat memiliki dampak negatif dan konflik sosial.

Konflik dalam partisipasi politik juga dapat terjadi ketika individu atau kelompok memiliki pandangan atau kepentingan yang berbeda tentang isu politik tertentu, konflik dapat terjadi dalam bentuk protes atau demonstrasi atau bahkan dalam bentuk kekerasan, namun konflik juga dapat melalui dialog dan negosiasi serta melalui partisipasi yang lebih besar dalam proses politik.

Dampak negatif dalam partisipasi politik dapat meliputi polarisasi politik dan konflik sosial. Selain itu, partisipasi politik yang berlebihan dapat mengarah pada kelelahan politik dan ketidak puasan terhadap system politik. Namun penting untuk diingat bahwa dampak negative ini dapat diatasi melalui pendidikan politik yang lebih baik dan partisipasi yang lebih inklusif dalam proses politik.

Terdapat berbagai hukum dan regulasi yang membahas tentang partisipasi politik di Indonesia partisipasi politik diatur dalam undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu, yang mengatur tentang proses pemilihan umum dan hak pilih warga negara, selain itu juga terdapat hukum dan regulasi lain yang mengatur tentang kampanye politik, protes dan diskusi politik.

Bonus demokrasi kita nanti di 2030 adalah modal besar kita dalam membagun karena salah satu potensi besar bangsa adalah manusianya. Manusia Indonesia yang mempunyai kualitas di 2030 nanti ada 300 juta penduduk Indonesia dengan usia mayoritas adalah anak-anak muda jika golongan ini mau terlibat dalam politik maka akan jadi sebuah gelombang besar perubahan tantanganya adalah partai politik harus fokus menggarap pasar ini ide dan gagasan yang sehat, anak-anak muda lebih cenderung melihat platfrom dan tawaran kerja ketimbang retorika. Maka perlu sebuah terobosan baru partai politik untuk mendekati para generasi-generasi muda Indonesia ini dengan cara pandang dan mindset baru ini yang kami sebut sebagai arah baru Indonesia jika golongan ini maksimal untuk diajak terlibat dalam politik maka kita akan mengalami bonus demografi tapi juga meraih bonus demokrasi dimasa depan.

Tempat berpartisipasi politik  ini, banyak tempat untuk mensuarakan tentang keinginan politik mereka terutama di pemilu tentunya baik pemilu eksekutif, ilustratif yang ada yang akan diadakan nanti di tahun 2024, kalau mereka ingin berpartisipasi dalam partai politik tentunya banyak tempat ibadah juga karena partai politik hari ini di Indonesia cukup banyak.

Tidak ada komentar