Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

Breaking News:

latest

OPINI: Aksi Boikot Produk-Produk yang Mendukung Israel di Indonesia

  Penulis: Hajirah (Mahasiswi Komunikasi & Penyiaran Islam, IAIN Parepare) OPINI--- Boikot produk yang   mendukung Israel,tentu ini adal...

 


Penulis: Hajirah (Mahasiswi Komunikasi & Penyiaran Islam, IAIN Parepare)

OPINI---Boikot produk yang  mendukung Israel,tentu ini adalah langkah yang memang harus di ambil karena saya pribadi tidak setuju dengan kekerasan meski dengan alasan apapun itu, tapi satu hal yang penting yaitu kita harus memikirkan negara sendiri. Maksud dari sini yaitu ketika kita memboikot sesuatu hal yang ada di Indonesia maka yang paling terdampak adalah orang yang bekerja di instansi tersebut. Tentu saja saudara-saudara kita baik saudara dalam iman maupun saudara dalam kemanusiaan. Konglomerasi yang ada disana juga yang mendukung Israel itu tidak akan terdampak besar hanya bahkan terpukul sedikit tentang hal tersebut.

Apalagi konglomerasi  misalnya yang ada di Indonesia itu tidak akan terdampak banyak, pasti mereka punya jalan maupun bisnis lainnya, kalaupun bisnis a terganggu mereka akan beralih ke bisnis b. Orang yang menggantungkan hidupnya sebagai pekerja misalkan sebagai sales, kasir maupun lain-lain mereka lah pihak yang terkena dampaknya, apalagi misalkan kita memboikot produk yang ada dalam supermarket  pemilik dari supermarket tersebut pasti sudah menyetok barang-barang lalu kemudian di boikot seperti ini maka ketika barang-barang tidak laku yang paling pertama kena imbasnya adalah pihak yang bekerja disana.

Menurut saya pribadi pemilik supermarket seharusnya melakukan sesuatu misalnya bulan ini adalah bulan terakhir kami menyetok barang-barang yang mereknya terafiliasi dengan mendukung Israel, maka dengan melakukan hal itu maka para pembeli juga tahu bahwa pemilik supermarket ini sudah mengambil sikap maka dari itu para pembeli akan tetap berbelanja di tempat itu tapi mungkin di kemudian hari akan memakai barang-barang lain misalkan barang-barang Indonesia tentu hal ini sangat bagus. Jangan sampai dengan aksi kita ini nanti yang kena adalah negara kita sendiri apalagi akan diadakannya pilpres maka akan lebih gampang penyusupan uang dan lain-lain.

Memboikot sendiri tentu lebih ideal tapi kita tidak bisa mengatakan barang-barang itu haram selama itu halal maka masih alam dalam agama kita dan kita tidak tahu apakah itu memang semua dananya dipakai untuk hal kekerasan maupun tidak. Tapi yang jelas lebih aman ketika kita tahu mereka sedang memerangi kaum muslim maka berhentilah untuk membeli produknya dalam artian kita harus membeli produk muslim dan jangan membeli produk nonmuslim, jadi kita lebih baik alihkan ke kaum muslimin.

Kita juga dapat melihat dampak dari sisi lain boikot ini karena sebenarnya kita sebagai warga Indonesia mempunyai produk-produk local yang tidak kalah sama produk luar. Mungkin dulu kita memilih produk-produk mereka itu karena memang pilhannya terbatas, makanan yang enak ataupun produk-produk yang bagus menurut kita adalah brand-brand yang support Israel itu. Kemudian jika ada yang mengatakan apabila semua produk yang di boikot kita harus memakai apa? Kan kita semua tahu brand-brand yang di boikot itu apa saja dari situ pasti ada alternatifnya dari pihak kita tinggal kitanya yang mau melaksanakannya atau tidak.

Lalu jika muncul kembali pertanyaan bagaimana nasib yang bekerja di perusahaan yang terkena dampaknya bagaimana? Bukan berarti kita tidak memikirkan mereka malah semakin kita support produk lokal mereka pasti akan semakin berkembang dan lapangan kerja pun makin bertambah. Jadi tidak semata-mata kita memboikot dan tidak memikirkan pihak-pihak lain yang dirugikan hanya saja mindsetnya yang perlu kita bentuk supaya kita lebih mencintai produk lokal juga. Bahkan kalu kita melihat saudara-saudara kita yang ada di Palestina sekarang kita pun tidak dapat memberikan bantuan kepada mereka karena susahnya untuk menerima bantuan kemudian yang bisa kita lakukan hanyalah doa dan membantu stop untuk membeli produk-produk pro Israel.

Oleh karena itu kita juga bisa membantu walaupun Cuma dengan posting di social media jangan sampai berita tentang gaza dan Israel itu tenggelam jangan sampai tertutup sama berita-berita oran luar yang seolah-olah mereka lah yang korbannya. Saya sendiri juga merasa fakir ilmu da hanya seorang pendosa tapi saya merasa kalau apa hal kecil yang kita lakukan disini itu tidak sebanding dengan perjuangan mereka yang ada di Palestina .

Tidak ada komentar