Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Lewati Medan Sulit Pelosok Tana Toraja, Mahasiswa KPI Semangat Laksanakan Ukhuwah Dakwah

Memasuki pekan kedua awal tahun 2020, Program Studi (Prodi) Komunikasi  dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAI...

Memasuki pekan kedua awal tahun 2020, Program Studi (Prodi) Komunikasi  dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Parepare melaksanakan Ukhuwah Dakwah.
Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 11 sampai 12 Januari ini berlangsung di dua Masjid yakni masjid Jabal Nur kampung Sangbua dan masjid Babul Magribi Kaduaja kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.
Menurut Ketua Prodi KPI Nurhakki, dipilihnya dua lokasi tersebut dikarenakan KPI masih jarang melakukan kegiatan dakwah yang berinteraksi langsung dengan masyarakatnya terlebih lagi masyarakat yang masih membutuhkan pengetahuan agama, meskipun kedua lokasi tersebut memiliki medan yang sulit.

“Tantangan terberatnya adalah medan yang harus ditempuh dengan berjalan kaki melewati perkebunan kopi. Cuaca yang sangat berbeda dengan kota Parepare. Jam 12 siang, suhu 18 derajat celcius, sehingga mahasiswa betul-betul membutuhkan kesiapan fisik prima selain menyiapkan materi pengajaran dakwah,” jelas Nurhakki saat diwawancarai via whatssapp, Selasa (14/01).
Lebih lanjut Nuhakki mengungkapkan Dusun Sangbua belum memiliki fasilitas sekolah dan daerah tersebut remajanya masih sangat membutuhkan pengetahuan tata cara ibadah.
“Warganya yang telah memeluk agama Islam menjadi sasaran utama ukhuwah dakwah agar mahasiswa KPI yang selama ini mengkaji ilmu agama di bangku kuliah bisa silaturahim dalam dakwah, memberi kontribusi nyata bagi masyarakat khususnya masyarakat yang memang masih sangat membutuhkan,” ungkap Nurhakki.
Salah satu mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini, Asisah mengaku melihat antusias peserta ukhuwah dakwah.
“Materinya tentang metode khitabah atau public speaking. Bagaimana menjadi seorang mubaliq yang professional dan anak-anak di sana luar biasa sekali semangatnya dalam menuntut ilmu, tepat waktu dan kompak,” ungkapnya.
Berbagai materi pun dibawakan oleh mahasiswa KPI mulai dari ilmu tajwid, fiqhi ibadah, dan dasar-dasar penguasaan dakwah.

Efendi Pawilangan selaku Kepala Lembang Kaduaja mengungkapkan apresiasi dan menanti kegiatan selanjutnya.
“Kami sangat menerima kegiatan dari Prodi KPI ini. Kami menunggu pada kegiatan selanjutnya, apalagi remaja kami disini sangat antusias belajar agama Islam dan ini pertama kali diadakan kegiatan seperti ini,” ucapnya.
Dengan adanya kegiatan ukhuwah dakwah ini diharapkan dapat menginternalisasi semangat dakwah mahasiswa KPI agar menjadi pendakwah tangguh. (hyn)

1 komentar