Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

Breaking News:

latest

Tidak Putus Asa, Restu Mahasiswa KPI Akhirnya Lolos jadi Peserta Balai Diklat Industri Denpasar

KPI News- --- “Logikanya, hari ini kita lulus itu karena kemarin kita belajar sungguh-sungguh disertai doa”. Kalimat itulah yang teru...



KPI News---- “Logikanya, hari ini kita lulus itu karena kemarin kita belajar sungguh-sungguh disertai doa”.

Kalimat itulah yang terungkap dari Muhammad Restu Singgih, salah satu mahasiswa Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Parepare. Setelah berhasil dinyatakan lolos menjadi salah satu peserta program beasiswa Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) 3 in 1 JITU Kreasi Utama bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (RI).

Diklat 3 in 1  merupakan salah satu program dari Balai Diklat Industri Denpasar dengan lingkup pelayanan nasional dan berbasis kompetensi dengan spesialisasi di bidang industri kreatif, khususnya animasi, kerajinan dan barang seni.

Sempat gagal tahun lalu, Restu sapaan akrabnya tidak membuatnya putus asa untuk mencoba. Awal tahun 2020, Restu kembali mendaftar dengan mengirimkan portofolio dengan fokus kelas 3 Dimensi (3D) Layout Animasi.

“Memang Diklat ini yang dari dari dulu saya inginkan, karena betul-betul kita diajar dari awal sampai bisa dan juga instrukturnya itu orang yang berpengalaman dan mempunyai ilmu yang hebat, khususnya di bidang 3D,” ungkapnya.

Balai Diklat Industri (BDI) Denpasar ini menggunakan skema 3 in 1 yang terdiri dari   pelatihan, sertifikasi dan penempatan kerja. Dikutip dari laman resmi bdidenpasar.kemenperin.go.id, BDI memiliki beberapa fungsi, diantaranya pelaksanaan diklat berbasis spesialisasi dan kompetensi sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Perencanaan diklat bagi Sumber Daya Manusia (SDM) Industri yg berbasis spesialisasi & komptensi, uji kompetensi, sertifikasi, dan penempatan tenaga kerja, identifikasi kebutuhan kompetensi SDM, inkubator bisnis, kerjasama dan pengembangan program diklat, dan melakukan valuasi serta pelaporan kegiatan diklat serta tata usaha.


Kegiatan yang berlangsung mulai 17 Januari sampai 4 Februari 2020, hanya diikuti 24 peserta yang berasal dari berbagai wilayah  Indonesia.
Selama program, para peserta tidak dipungut biaya dan difasilitasi penuh mulai dari transportasi, konsumsi, hingga akomodasi. Mengingat, DIklat ini dilaksanakan di Bali Creative Industry Center, Denpasar.

Restu yang telah menyelesaikan Diklat tersebut mengaku mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman baru.
“Kegiatan ini sangat bermanfaat dan saya sangat berterima kasih kepada Kementerian perindustrian, balai diklat industri Denpasar dan Jitu Kreasi Utama yang dimana telah memberikan fasilitas belajar yang baik,” ungkap Restu yang juga pernah dinobatkan sebagai Duta Wisata Pendidikan kota Parepare dan Runners up 2, duta marketing PIB (Pasar Induk Bulog) Parepare.

Sepulang dari Diklat, Restu bersama mahasiswa KPI lainnya langsung menuju lokasi Desa Langda kabupaten Enrekang untuk menyelesaikan project dan pengabdian masyarakat.

Tidak ada komentar