Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

Breaking News:

latest

Opini : Jalanan rusak di Lampung diperhatikan oleh pak presiden Jokowi Widodo

  Penulis: Vani Ilyas (Mahasiswi Komunikasi dan Penyiaran Islam, IAIN Parepare) OPINI---  Setelah Kedatangan pak Jokowi Widodo menghebohkan...


 

Penulis: Vani Ilyas (Mahasiswi Komunikasi dan Penyiaran Islam, IAIN Parepare)

OPINI--- Setelah Kedatangan pak Jokowi Widodo menghebohkan para warga dilampung, dengan kedatangan pak  presiden dilampung jalanan akan di perbarui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan kunjungan kerja ke Lampung untuk meninjau sejumlah jalan. Kunjungan pak Jokowi ini dilakukan setelah kondisi jalan di Lampung ramai dibahas di media sosial.

Keputusan pemerintah pusat memperbaiki jalan rusak di Lampung disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangannya kepada awak media usai meninjau sejumlah jalan yang rusak di Lampung, Jumat (05/05/2023).

Menurut Presiden, setiap ruas jalan memiliki penanggung jawabnya masing-masing, yaitu pemerintah pusat untuk jalan nasional, gubernur untuk jalan provinsi, dan bupati/wali kota untuk jalan kabupaten/kota.

Meskipun demikian, Presiden menjelaskan bahwa pemerintah pusat akan mengambil alih perbaikan jalan rusak di Lampung. “Tetapi ini karena memang sudah lama ya akan diambil alih oleh pemerintah pusat,” imbuhnya. Kepala Negara juga menjelaskan bahwa hal serupa yang membutuhkan bantuan pemerintah pusat juga ada di beberapa provinsi lain. Menurutnya, memberikan pelayanan kepada masyarakat termasuk menyiapkan infrastruktur jalan yang baik adalah bagian dari tugas pemerintah baik pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota.

“Memang tugasnya pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota itu memberikan pelayanan, termasuk menyiapkan jalan yang baik karena itu menyangkut mobilitas barang dan mobilitas orang, dan menyangkut juga biaya logistik, ongkos logistik. Kalau ongkos logistik karena jalannya rusak menjadi tinggi, produk itu tidak bisa bersaing,” tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meninjau langsung sampai-sampai Gubernur Lampung Arinal Djunaidi turun langsung ke lapangan untuk meninjau jalan yang rusak. Salah satunya di ruas jalan Simpang Randu-Gaya Baru serta wilayah seputar Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah. Jalan lintas tersebut sebelumnya telah bertahun-tahun rusak parah. 

Namun, setelah rencana kedatangan Jokowi, perbaikan super cepat dilakukan Pemprov Lampung. Namun bagaimana dengan jalannan yang rusak di daerah lainnya. Apakah hanya jalannan yang di Lampung harus di perhatikan, bagaimana dengan daerah-daerah lainnya, seperti , Enrekang, Soppeng dan masih banyak lagi apakah pak presiden Jokowi harus mendatangi daerah satu persatu tersebut agar jalannan yang rusak diperhatikan oleh pemerintah setempat.

Tidak ada komentar