Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

Breaking News:

latest

OPINI: Lantas Bagaimana Produksi Penyiaran di Tengah Era Kampanye Saat Ini?

Penulis: Nur Akhlia Fajrin (Mahasiswi Komunikasi & Penyiaran Islam, IAIN Parepare) OPINI--- Pertanyaan lalu bagaimanakah Penyiaran pada ...



Penulis: Nur Akhlia Fajrin (Mahasiswi Komunikasi & Penyiaran Islam, IAIN Parepare)

OPINI---Pertanyaan lalu bagaimanakah Penyiaran pada saat kampanye saat ini? Apakah pantas atau tidak untuk terjun dan melirik semua isu-isu public yang ada ke politik tidak memiliki jawaban yang mutlak. Seperti yang kita tahu produksi berita televisi di era politik saat ini mencerminkan perubahan dalam dinamika politik, kebutuhan pemirsa yang beragam, dan dampak teknologi. Produksi berita televisi selama kampanye saat ini cenderung menggabungkan inovasi teknologi, kecepatan, dan beragam platform untuk mencapai audiens yang lebih luas. Tentunya Peran yang diambil oleh Produksi berita sangat penting, Dimana dapat mengambil platform media sosial dan membuka data seluruh iklan yang ada di politik. 

Tentunya hal tersebut membawa masing-masing keuntungan, baik dari pihak produksi maupun dari pihak calon kandidat itu sendiri. Dimana data atau konten dalam iklan berita tersebut sebagai bentuk-bentuk dari transparasi iklan yang muncul didunia politik yang memiliki dampak terhadap Pemilu 2024 yang akan datang. Produksi berita televisi di masa kampanye saat ini mencerminkan perubahan tren dan teknologi, menekankan partisipasi pemirsa dan respons yang lebih cepat terhadap dinamika politik. Seperti yang kita ketahui pendekatn-pendekatan yang digunakan sangat berpengaruh, mulai dari berbagai format media, termasuk teks, gambar, audio, dan video, untuk memberikan informasi secara holistic, belum lagi produksi berita di era politik yang mencakup berbagai di website, platform media sosial, dan saluran televisi. 

Kehadiran media pemberitaan di masa kampanye saat ini menjadi sorotan dan menjadi bagian penting karena fungsi media tentunya sebagai penyalur informasi terkait kandidat presiden dan wakil presiden yang akan dijadikan bahan pertimbangan masyarakat untuk menentukan siapa kandidat yang  terpilih nantinya. Seperti yang saya katakan, Produksi berita di era pemilu saat ini sangat penting karena pemilu adalah salah satu peristiwa paling signifikan dalam konteks politik suatu negara. 

Informasi Informasi Demokrasi sangat di perlukan karena Pemilu adalah dasar dari sistem demokrasi, dan pemilih perlu memiliki informasi yang akurat dan komprehensif tentang kandidat, partai, dan isu-isu politik untuk membuat keputusan yang terinformasi. Dimana nantinya Produksi berita memberikan pemilih alat untuk memahami dan menilai visi dan program kandidat dan Pemilih yang terinformasi dapat memilih secara lebih tepat sesuai dengan nilai-nilai dan kepentingan mereka. 

Dengan demikian produksi berita yang berkualitas selama periode pemilu membantu mendukung dan memperkuat dasar demokrasi, memastikan partisipasi yang lebih baik, dan menjaga integritas proses politik. Produksi berita yang tepat dan menguntungkan selama kampanye memerlukan pendekatan yang strategis dan berfokus pada memberikan informasi yang berimbang dan berkualitas kepada pemirsa. Ketika pengelolaan produksi berita Berfokus pada Isu-isu Penting maka perlu juga menghindari yang namanya sensationalisme dan berita yang hanya bertujuan untuk menarik perhatian tanpa memberikan nilai informasi yang substansial. 

Dalam sebuah pemberitaan yang baik di masa kampanye saat ini kita tetap perlu yang namanya mempertahankan etika jurnalistik, dimana kita perlu menghindari konflik kepentingan dan jaga etika jurnalistik kita selain itu juga transparansi mengenai sumber informasi dan hubungan dengan pihak-pihak tertentu penting untuk mempertahankan kepercayaan pemirsa. Produksi berita menjelang pemilu saat ini tentunya harus selalu lebih gercep untuk update berita berita terbaru. Karena banyaknya perbedaan pada masa pemilu serentak pada tahun 2019 dengan pemilu serentak 2024. Maka yang sangat penting yang perlu diketahui oleh Masyarakat adalah persoalan digitalisasinya. Dimana seperti yang kita tahu bahwa sekarang ini Indonesia masih sedang berada dalam landskap disrupsi digital. Maka dari itu sosial media dan pemberitaan cepat memainkan peran besar dalam menyebarkan berita berita seputar pemilu dengan cepat. 

Pemberitaan dapat berkembang secara instan melalui platform sosial, dan isu-isu pemilu bisa menjadi  viral dalam hitungan detik. Media pemberitaan memang memainkan peran yang sangat penting karena diera sekarang ini mulai dari generasi milenial, generasi Z, Masyarakat publik aktif mencari informasi tentang kandidat, partai, dan isu-isu melalui berbagai sumber media yang ada. Dimana pemilih biasanya berkontribusi pada pemberitaan melalui konten pengguna seperti komentar, video, dan juga foto. Dengan pemberitaan yang terbilang cepat maka dapat membantu produksi berita televisi di era politik dimana tentunya akan terus berusaha untuk menjawab kebutuhan pemirsa yang semakin beragam dan menjaga kredibilitas informasi dalam konteks politik yang dinamis. Dengan demikian, produksi berita yang berkualitas selama periode pemilu membantu mendukung dan memperkuat dasar demokrasi, memastikan partisipasi yang lebih baik, dan menjaga integritas proses politik.


Tidak ada komentar