Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

Breaking News:

latest

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka: Harapan Menuju Transformasi atau Tantangan terhadap Stabilitas Politik?

Penulis: Rita Dwi Lestari (Mahasiswi Komunikasi & Penyiaran Islam, IAIN Parepare) OPINI---  Menteri pertahanan Prabowo Subianto bersama ...



Penulis: Rita Dwi Lestari (Mahasiswi Komunikasi & Penyiaran Islam, IAIN Parepare)

OPINI--- Menteri pertahanan Prabowo Subianto bersama Gibran Rakabuming wali kota Surakarta telah menjadi figure sentral dalam dinamika politik Indonesia. Dalam pandangan banyak pihak, kehadiran mereka memunculkan harapan dan perubahan positif, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi pasangan capres-cawapres dengan elektabilitas paling tinggi di kalangan generasi z dan milenial. Berdasarkan hasil survei lingkaran Indonesia (LSI) Denny JA, ada 50% responden berusia 17-23 tahun mendukung kedua dalam simulasi tiga nama. Prabowo-Gibran juga meraih elektabilitas tertinggi di kalangan milenial, pasangan tersebut mendapat dukungan dari 39,4% responden berusia 24-43 tahun. Untuk memunculkan harapan dan perubahan positif tidaklah mudah karena akan menimbulkan sejumlah tantangan yang perlu diatasi demi stabilitas politik yang berkelanjutan.

Harapan menuju transformasi yaitu adanya reformasi ekonomi,Prabowo dan Gibran diharapkan dapat memimpin reformasi ekonomi untuk meningkatkan pertumbuhan dan mengurangi kesenjangan sosial, sebagai Capres dan cawapres Prabowo dan Gibran diharapkan fokus juga kepada pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai motor penggerak ekonomi. Kemudian ketahanan energi untuk mendorong kebijakan dan pengembangan sumber energi terbarukan.

Tantangan terhadap stabilitas politik yaitu polarisasi opini publik, kehadiran Prabowo dan Gibran dapat memperdalam polarisasi opini publik, memunculkan ketegangan politik. Adapun isu hak asasi manusia, beberapa kritik megenai rekam jejak Prabowo terkait hak asasi manusia dapat menjadi tantangan serius dalam menjaga citra politik. Manajemen koalisi, tantangan dalam membangun dan menjaga stabilitas koalisi politik, mengingat perbedaan pandangan di tingkat partai.

Dengan menggali potensi positif dan menyikapi tantangan tersebut, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memiliki peluang untuk membentuk transformasi yang berkelanjutan dan menjaga stabilitas politik Indonesia. Keberhasilan mereka akan sangat dipengaruhi oleh kemampuan mengelola dinamika kompleks dalam ranah politik dan ekonomi.

Tidak ada komentar