Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

Breaking News:

latest

OPINI: Politik dijadikan sebagai Sarana Perbedaan Pendapat

Penulis: Muh. Fadli (Mahasiswa Komunikasi & Penyiaran Islam, IAIN Parepare) OPINI--- Tidak lama lagi kita akan memasuki pemilihan seren...



Penulis: Muh. Fadli (Mahasiswa Komunikasi & Penyiaran Islam, IAIN Parepare)

OPINI--- Tidak lama lagi kita akan memasuki pemilihan serentak akan tetapi yang menjadi salah satu probelamatika sering terjadi dikalangan masyarakat adalah mengenai perbedaan pilihan bakal calon. Politik sebenarnya dapat membawa masyarakat tetap rukun dalam bermasyarakat karena mampu memberikan wadah untuk berdemokrasi,mempererat tali persaudaraan, serta mampu memberikan pemahamna kepada masyarakat bagaimana posisi politik yang sebenarnya. Akan tetapi  define politik sekarang ini melengcang dari apa yang telah dijelaskan di atas. Politik menjadi sarana masyarakat saling berbeda pendapat dan mengakibatkan konflik terjadi dimasyarakat akibat hanya perbedaan pilihan.

Dalam masa transisi politik, pemahaman terhadap hubungan antara kedua proses itu menjadi sangat penting.  Karena keterbatasan waktu dan tenaga, seringkali penataan elemen sistem politik dan pemerintahan dilakukan secara terpisah. Logika yang digunakan seringkali berbeda satu dengan yang lainnya. Dalam realitas, semua elemen tersebut akan digunakan dan menimbulkan kemungkinan komplikasi satu dengan lainnya.

Peran politik telah memberikan kontribusi yang segnifikan bagi perpolitikan di Indonesia terutama dalam kehidupan masyarakat yang dinamis cenderun berubah..pemilu sebagai sarana kedaulatan rakyat Indonesia guna untuk menghasilkan pemerintahan Negara yang demokratis berdasarkan pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945.Terselenggaranya pemilu secara demokratis menjadi dambaan setiap warga Negara Indonesia.di dalam masyarakat yang demokratis perbedaan pendapat dan persaingan di antara warga masyarakat atau golongan–golomgan merupakan hal yang wajar. Perbedaan pendapat dan persaingan itu sering kali mengakibatkan konflik, bahkan mengakibatkan terjadinya perpecahan antara yang satu dengan yang lainnya.

Salah satu yang paling bersdampak dalam masalah politik atau terjadi sebuah pemeilihan adalah masyarakat yang ada di pedesaan, yang dimana diketahui bahwa bahwa masyarakat desa akan sangat central dengan bentuk kekeluargaan. Olehnya itu hadirnya suatu politik menjadi masalah baru karena di pedesaan sendiri sering terjadi konflik antara masayarakat yang satu dengan yang lainnya akibat dari perbedaan pilihan sehingga mengakibatkan desa yang dulunya sangat gotong royong dalam melakukan suatu pekerjaan sekarang mulai terkikis salah satu penyebabnya adalah hanya perbedaan pendapat dan perbedaan pilihan.

Tidak ada komentar