Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

Breaking News:

latest

OPINI: Plus Minus Capres 2024 Menuju Indonesia Emas

Penulis: Muhammad Ansar (Mahasiswa Komunikasi & Penyiaran Islam, IAIN Parepare) OPINI--- Pada pilpres tahun 2024 mendatang, tiga kandida...



Penulis: Muhammad Ansar (Mahasiswa Komunikasi & Penyiaran Islam, IAIN Parepare)

OPINI--- Pada pilpres tahun 2024 mendatang, tiga kandidat telah resmi menjadi capres dan cawapres yaitu Anies Baswedan bersanding dengan Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto bersanding dengan Gibran Rakabuming dan Ganjar Pranowo bersanding dengan Mahfud. Dari ketiga capres tersebut memiliki plus minusnya masing-masing.

Anis Rasyid Baswedan

Dari segi intelektual, orang itu cerdas, cerdas, dan cerdas. Narasinya koheren, jelas dan sistematis. Anies memungkinkan semua penjelasan dijelaskan  secara jelas, terstruktur, dan metodis. Orangnya sopan dan penuh perhatian terhadap apa yang disampaikan. Dia mencatat semua ide umpan balik  yang muncul dalam diskusi yang dia ikuti. Selain itu, Anies akan mengembangkan dan melaksanakan rencana implementasi atas apa yang akan dikomunikasikannya kepada publik.

Dia sangat tenang dan terkendali dalam segala situasi, dan juga menunjukkan pengendalian diri dan emosi yang sangat baik dengan cara yang terampil, langsung dan praktis. Sebagai seorang pemimpin, Anies dapat mengelola kredibilitas keterampilan di sekitar mereka, sehingga mereka dapat percaya pada keandalan  dan kompetensi rekan kerja mereka.

Tentu saja dia mempunyai kekurangan dan kelemahan, artinya bahwa apapun yang Anies ingin sampaikan dia keluarkan begitu saja seperti yang dia sampaikan melalui media bahwa dia tidak bakal maju sebagai capres maupun wapres ketika Prabowo masih  maju sebagai capres, janji-janji seperti itu sebenarnya tidak boleh disampaikan karena itu bisa menjadi hal yang kontroversial bagi sebagian Masyarakat. Itulah kurangnya Anies dia tidak bisa mempertimbangkan apa-apa yang dia sampaikan, namun Anies  percaya diri dengan kemampuannya dan mendominasi stage setiap kali dia tampil. Pemimpin yang ideal selalu memberikan ruang bagi pihak lain untuk berekspresi dan bertindak, atau bagaimana  membangun ide dan imajinasi untuk mewujudkannya. Namun secara umum, kreativitas seorang pemimpin terletak pada diri pemimpinnya, karena dia kompeten dalam berbagai aspek  yang seharusnya dia lakukan.

Prabowo Subianto

Prabowo Subianto memiliki kepribadian pantang menyerah dan memiliki pengalaman militer yang kaya dibalik kariernya. Meski begitu, Prabowo mempunyai naluri bisnis yang sangat baik, terbukti dari fakta bahwa dia sangat sukses dalam apa yang dia coba lakukan. Prabowo juga mempunyai gagasan bagus tentang administrasi publik dan administrasi kekuasaan. Tidak ada alasan untuk meragukan nasionalisme dan patriotismenya, Prabowo berkomitmen kuat terhadap bangsa dan kepentingan nasional.

Pidatonya banyak yang selalu mengedepankan kepentingan bangsa dan rakyat, serta mengedepankan  kedaulatan negara.  Prabowo  sangat dewasa dengan semangat yang luar biasa, gerakannya yang sangat cerdik dan terampil, ini mungkin  hasil pelatihan dia  ketika  berada di Pasukan khusus militer. Dia juga menciptakan gaya politik yang nantinya menjadi penting dengan istilah capres Gemoy. Kelebihan Prabowo adalah dia percaya pada tim yang dia bangun untuk membantunya karena dia  menyadari bahwa tidak mungkin  melakukan segala sesuatu dengan sendirian dan harus membutuhkan banyak kerja sama tim untuk  merencanakan dan melakukan berbagai persiapan yang diperlukan untuk pelaksanaannya.

Di sisi lain, Prabowo juga punya kelemahan tersendiri. Artinya, dia tidak bisa mengendalikan emosi dengan bijak saat ingin mengungkapkan pikiran dan gagasan. Sebenarnya, ini adalah kelemahan yang bisa dihindari jika dia mencoba dengan tenang mencerna apa yang ingin dia katakan. Usia dan kematangan berpikir ternyata bisa dijadikan modal untuk mengungkapkan pikiran dengan lebih baik dan tenang. Prabowo dapat ditentukan sebagai pemimpin dengan karakteristik yang unik dalam memahami apa yang dia coba lakukan, dia juga mempunyai semangat yang besar untuk mengelola kekuasaan dengan baik.

Gunjal Pranowo

Bertubuh tinggi, berambut putih, dan berwajah tersenyum. Orangnya ramah dan menyapa hampir  semua orang yang dilewatinya, dia juga sangat bijak dalam mengimplementasikan idenya. Dia memiliki pengalaman luas di badan legislatif dan eksekutif, ini adalah modal utamanya. Fakta bahwa sebagian orang meragukan keberhasilannya, namun Ganjar memiliki kemampuan literasi yang cukup baik, mampu menjelaskan secara rinci  upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk mencapai hal tersebut. Keunggulan lain dari Ganjar adalah kemampuan negosiasinya, banyak orang berpikir bahwa negosiasi itu sangat rumit, namun Ganjar dapat menyederhanakan negosiasi dan mencapai kesepakatan.

Di sisi lain, kelemahan Ganjar terletak pada pengetahuan bahasa asing, sehingga  harus menguasainya dengan baik agar tidak terkesan kelemahan. Artinya, bagaimana meyakinkan lawan bicara bahwa apa yang dikomunikasikan bersifat substansial dan mendesak. Dengan menggunakan penerjemah Komunikasi, dia dapat menutupi kekurangan tersebut dan memfokuskannya. Dia meniru apa yang dilakukan Park Harto saat berkuasa dan dikelilingi beberapa ahli bahasa asing, sehingga komunikasi  tetap  baik.

Perlu diketahui bahwa didalam politik tidak ada pemimpin yang sempurna, setiap pemimpin memiliki kelebihan dan kekurangan. Dalam negara demokrasi setiap warga negara memiliki hak untuk memilih siapa yang akan diberikan mandat untuk menjadi pemimpin Indonesia menuju Indonesia maju.


Tidak ada komentar